Selasa, 29 Oktober 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » rute jalan bandung cianjur via ciwidey

rute jalan bandung cianjur via ciwidey

Pernahkan anda jalan-jalan ke Cianjur lewat Ciwidey?. Sudah lama rute ini menjadi andalan para penghasil pertanian dan perkebunan seperti gula aren,pisang,beras dan kelapa sebagai akses untuk menjual hasil bumi tersebut ke daerah Ciwidey serta Bandung. Melewati daerah ini,anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan perkebunan teh yang berada disamping kiri dan kanan jalan.

Perjalanan dari Bandung menuju Cianjur  via Ciwidey ini,memakan waktu kira-kira 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan mulai dari Rancabali sampai Cipelah,beraspal hotmix. (lihat peta)Namun seiiring waktu,ada beberapa bagian jalan yang mulai berlobang. Tapi secara keseluruhan boleh dibilang masih bagus. Namun sayangnya,kondisi jalan mulai dari Cipelah sampai tugu perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Cianjur,jalan sangat rusak parah. Untuk itu bagi anda yang akan mencoba jalur  ini,harus disiapkan kondisi kendaraan yang begitu prima. Dan jangan lupa isi full bahan bakar,walaupun banyak penjual bensin eceran dengan harga mulai dari 5000/liter sampai 6000/liter.
Berikut peta jalur antara Bandung-Cianjur via Ciwidey.




  1. setelah kendaraan anda masuk wilayah Rancabali,anda belok kanan.(gbr no.1)  Jalur ini hanya 300 meteran sebelum pintu masuk danau Patenggang.
  2. mulai dari sini anda sudah masuk area perkebunan. Bagi anda yang suka botram atau makan bareng,tersedia beberapa saung yang bisa digunakan walaupun sebenarnya bukan untuk umum,tapi tempat dikumpulkanya teh hasil dari para pemetik teh.
  3. anda akan melewati daerah Indragiri,kemudian Sinumbra. Disi anda akan melihat pabrik pengolahan teh serta rumah-rumah para pegawai tinggi dari pabrik tersebut dengan arsitektur khas Belanda. Bila anda melewati Sinumbra jam 8 malam keatas, jalan ditutup portal,namun kita bisa meminta ijin kepada petugas untuk melakukan perjalanan selanjutnya. 
  4. berikutnya anda akan menuju daerah Sukaati. Disini anda harus hati-hati karena anda akan melewati sebuah jurang disamping kiri jalan yang sangat dalam.
  5. kurang lebih 30 menit selanjutnya,anda sudah memasuki wilayah Cipelah. Wilayah ini paling ramai,karena terdapat sebuah pasar serta toko-toko kelontong. Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda empat,disini terdapat portal,cukup membayar 1000 rupiah saja anda sudah bisa melanjutkan perjalanan.
  6. kondisi jalan setelah Cipelah,sangat rusak. Medan jalan yang naik turun serta rawan longsor perlu diperhatikan ketika anda melewati area ini. 
  7. kurang lebih 40 menit,anda akan tiba ditugu perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur (gbr no 2). Setelah melewati perbatasan,kondisi jalan mulai mulus lagi sampai Pagelaran Cianjur. (LIHAT PETA)
  8. disepanjang jalur ini,anda akan melihat curug Citambur. Tempat ini milik Perhutani dan dijadikan area wisata. Namun sayangnya,sarana dan prasarana tidak diurus secara baik dan dibiarkan seadanya. Untuk melihat curug lebih dekat,pengunjung dikenakan tarif 3000 rupiah untuk hari biasa.
Saat memasuki wilayah Kabupaten Cianjur,jalan mulus beraspal. Namun anda harus hati-hati karena jalan sempit serta banyak tikungan tajam. Disini terdapat rumah-rumah penduduk. Medan jalan menurun mulai daerah Pasirkuda sampai pertigaan. (gbr no. 3). Bila tujuan anda ke Pagelaran,Sukanagara anda belok kanan. Sementara arah kekiri adalah tujuan ke wilayah Cianjur Selatan seperti Tanggeung,Sindangbarang,Cidaun dan Pantai Jayanti.

ANDA TERTARIK BERPETUALANG ? JALUR INI BOLEH DICOBA !!

    1 komentar: